Tuesday, December 29, 2009

Pengertian Hubungan Internasional antar Negara

Hubungan Internasional

Tiga puluh tahun terakhir ini telah menyaksikan kelahiran banyak negara baru. Sejak lahir Perang Dunia II, banyak Negara yang dulunya jajahan telah memperoleh kemerdekaannya, dan dengan cepat telah mengembangkan sistem pemerintahan mereka sendiri. Munculnya negra-negara kebangsaan baru yang kuat ini seperti misalnya Indonesia, Malaysia, dan India merupakan salah satu faktor paling penting dalam hubungan internasional sekarang ini.

Salah satu masalah utama dalam hubungan internasional disebabkan oleh adanya sistem politik yang berbeda yang berlaku di berbagai Negara di dunia. Sementara beberapa Negara berusaha melaksanakan sistem politiknya sendiri kepada Negara lain, nagara-negara seperti Indonesia telah mengembangkan sistem politik demokrasi dan telah menunjukkan bahwa ini merupakan cara yang terbaik dalam mencapai pembangunan nasional. Kemajuan ekonomi tergantung pada pemerintahan yang baik, ekonomi yang terencana, dan hubungan internasional yang baik. Hubungan internasional memungkinkan Negara-negara tersebut menyelesaikan masalah-masalah mereka dengan kerjasama.

Tidak ada Negara sekarang ini yang bebas secara ekonomi. Amerika Serikat merupakan Negara industri yang paling kuat di dunia. Tetapi Negara ini menjual banyak produknya ke Negara-negara lain dan menggunakan bahan mentah dari Negara-negara lain untuk memperkuat industrinya. Uni Sovyet juga merupakan suatu Negara industri yang kuat tetapi Negara ini harus mengimpor banyak sekali kebutuhan petaniannya. Jepang tidak memiliki minyak maupun bahan mentah. Jepang mengimpor keduanya untuk digunakan dalam industrinya. Banyak Negara tidak hanya membutuhkan bahan mentah dan minyak dari Negara lain. Mereka membutuhkan tenaga manusia dan pengetahuan teknologi. Insinyur-insinyur asing, ilmuan, ahli-ahli pedagang dan industri dibutuhkan untuk membantu mengembagkan sumber-sumber daya di berbagai Negara. Tenaga kerja yang terampil di Korea, Thailand dan Philipina membantu kerja di proyek-proyek pembangunan raksasa di timur tengah. Kerja sama internasioal semacam ini mambantu berkembangnya hubungan internasional yang baik.

Sistem politik apapun yang digunakan di berbagai Negara, masalahnya tetap sama, bagaimana menciptakan peluang yang lebih baik bagi rakyatnya melalui kemajuan sosial dan ekonomi. Biaya pembangunan sosial dan ekonomi besar. Makin banyak unag yang harus digunakan oleh suatu Negara untuk pertahanan, semakin sedikit yang dapat digunakan untuk pembangunan ekonomi. Peranan organisasai seperti PBB misalnya adalah untuk memungkinkan bangsa-bangsa menyelesaikan persengketannya secara damai melalui diskusi dan negosiasi agar supaya perang dapat dihindari. PBB bertujuan untuk menciptakan kondisi bagi perdamaina di dunia sehingga Negara-negara bekembang dapat bekonsentrasi pada masalah-masalah penting ynag dihadapi rakyatnya.

Tujuan hubungan internasional seharusnya adalah penyediaan sarana-sarana agar harapan-harapan seperti itu terwujud dan menerima perbedaan sistem dan kondisi politik yang ada di berbagai Negara di dunia.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment