Friday, December 19, 2014

Contoh Cerpen SMA - code 004


SUDAH SEMBUH
Kejadian ini terjadi saat saya masih kelas 1 SD. Karena jarak rumah saya yang tidak seberapa jauh dengan SDN 1 wanamukti, sekolah saya, saya dapat dengan mudah pulang dan pergi ke rumah. Tidak lama, hanya 3 menit dengan jalan kaki. Untuk berangkat ke sekolahpun saya hanya berangkat sendiri. saya hanya pernah di antar ibu sekali yakni saat hari pertama masuk sekolah dan pemilihan bangku
Pada saat itu saya sedang belajar dikelas, karena saya malas untuk sekolah, saya terus mencari cara untuk pulang kerumah. Akhirnya cara licik terbesit di pikiran saya. Saya berpura pura sakit yang tidak tertahankan. “bu, Ardi sakit.”ucap teman sebangku saya. Kemudian ibu guru pun mendekati saya lalu bertanya saya sakit apa. saya pun menjawab kalau semua badan saya sakit dari ujung kaki hingga ujung kepala sambil menunjukkan muka melas yang kesakitan. Akhirnya, karena guru tidak tega melihat saya, ia pun membolehkan saya pulang. Yes, dalam batin.
saya segera berlari-lari sambil melompat-lompat menuju ke rumah. Tibanya di rumah ibu kaget melihat saya yang sudah pulang ke rumah padahal jam masih menunjukkan pukul 08.00. “Loh,  kamu kok sudah pulang?” Tanya ibu pada saya. “saya males disekolah. Jadi saya cepetan pulang.” Jawab saya lugu lalu mengambil sebotol air putih kemudian meminumnya. Tapi, ibu saya langsung marah-marah. Dia menyuruh saya untuk segera kembali ke sekolah. Tentu saja saya tidak mau. “Kalau saya kembali, apa yang harus saya katakan pada Bu guru? saya kan sudah berbohong padanya”. Jawab saya terisak karena ibu yang memukul saya dengan keras tadi. Akhirnya, ibu membujuk.
Akhirnya, dengan terpaksa saya pun kembali ke sekolah. Dalam perjalanan, saya masih terus menangis. Air mata saya masih terus mengalir begitu pula ingus yang masih terus menetes. Kini, tibalah saya di depan pintu kelas. Dari luar terlihat dengan sangat jelas Bu guru tengah duduk manis di mejanya. saya pun segera menghapus air mata dan ingus yang masih menggantung di kedua lubang hidung saya.
Pagi. Ucap saya nyelonong masuk ke kelas dan langsung duduk di kursi. “Loh, bukannya kamu sakit” Tanya Bu guru yang bingung melihat saya. saya pun menjawab dengan spontan “sudah sembuh, bu”
Tema       : kebohongan
Tokoh      : saya, ibu, ibu guru, teman saya
Alur        : maju
      Latar       : Tempat : rumah, SDN 1 Wanamukti
·                     Suasana: gembira, sedih, kaget
·                  waktu: pagi hari disekolah

Amanat    : jangan suka berbohong dan berpura-pura

No comments:

Post a Comment